Daftar Komoditas Ekspor Tertinggi Di Sektor Perikanan

Di Indonesia banyak sekali jenis perikanan yang dapat diekspor. Karena negara Indonesia adalah negara kepulauan maka dari itu hasil dari laut dapat dimanfatatkan untuk berbagai hal. Selian itu hasil perikanan dapat diekspor diberbagai daerah dan negara. Indonesia kaya akan jenis perikanan, maka tidak heran jika banyak hasil dari perikanan diekspor di berbagai negara, bahkan dinegara berkembang pun juga dilakukan. Paling banyak jenis perikanan yang diekspor di luar negerai adalah sejenis udang, seperti misalnya adalah udang loobster. Selain udang ada juga cumi-cumi dan gurita untuk daerah Asia. Namun sebenarnya tidak itu saja masih banyak lagi jenis perikanan yang diekspor oleh Indonesia. Dan semua jenis perikanan tersebut merupakan hasil tangkapan para nelayan Indonesia.

Biasanya melakukan ekpor ini karena ada permintaan dari pihak luar negeri untuk mengirimkan beberapa jenis perikanan yang mereka butuhkan. Jenis perikanan yang mereka dapatkan biasanya jika tidak untuk usaha mereka seperti rumah makan atau juga bisa karena ingin dibudidayakan. Karena di Indonesia kaya akan berbagai jenis perikanan maka banyak dari berbagai negara meminta untuk mengirimkan berbagai jenis perikanan yang mereka inginkan. Meskipun hampir semua jenis perikanan diekspor, namun hanya ada beberapa jenis perikanan yang memiliki komoditas tertinggi ekspor dalam perikanan.

Berikut komoditas ekspor tertinggi di bidang perikanan adalah :
Udang Lobster
Salah satu komoditi sektor perikanan yang sangat bagus dan mempunyai nilai jual tinggi adalah udang Lobster. Jenis udang Lobster yang dihasilkan di perairan Pacitan adalah jenis Mutiara, Pasir, Batu dengan Produksi mencapai 15.625 Kg pertahun. Budidaya udang lobster ini sudah menembus pasar ekspor seperti Singapura, Hongkong dan Jepang melalui pedagang dan perusahaan yang ada di Surabaya, Semarang, Kediri dan Jakarta.
Rumput Laut
Rumput laut merupakan salah satu komoditi unggulan yang saat ini mulai di budidayakan di salah satu daerah Indonesia yaitu di Kabupaten Pacitan. Kegunaan Rumput Laut adalah pembuatan bahan makanan seperti agar-agar, juga untuk bahan kosmetika dan kesehatan. Produksi setiap tahun mencapai 72.550 kg.Daerah pemasaran: Bali, Surabaya, dan Jakarta.
Ikan dan Sirip Ikan
Jenis ikan yang berorientasi ekspor adalah Bawal mencapai 6.281 Kg, Layur mencapai 65.647 Kg, Kerapu mencapai 5.631 Kg.Sedang yang dimaksud dengan sirip ikan adalah Sirip Ikan Hiu yang berguna untuk menambah gizi. Produksinya mencapai 3.630 Kg/tahun, dengan daerah pemasaran di Surabaya, Bandung, dan Jakarta.
Beberapa daftar komoditas ekspor tertinggi disektor perikanan. Selain jenis perikanan seperti diatas masih banyak lagi jenis perikanan yang memiliki nilai tertinggi darii ekspor perikanan. Namun dari jenis perikanan seperti diatas masih ada jenis perikanan yang memiliki nilai lebih dari seperti diatas yaitu udang, tuna dan cumi-cumi. Dari total ekspor kuartal I 2015 tersebut tercatat komoditas yang paling banyak menyumbang nilai ekspor adalah udang yakni sebesar US$ 449,95 juta, terbesar kedua yakni tuna dengan nilai US$ 89,41 juta dan terbesar ketiga disumbang oleh komoditas cumi-cumi yakni senilai US$29,51 juta.

Itu beberapa komoditas tertinggi ekspor di sektor perikanan. Melihat daftar diatas jika anda melakukan ekspor perikanan maka keuntungan yang anda dapatkan sangat besar. Terutama jika anda melakukan ekspor udang atau tuna ataupun cumi-cumi, maka keuntungan anda akan jauh lebih besar. Karena ketiga jenis perikanan tersebut menduduki peringkat tertinggi ekspor di bidang perikanan. Untuk itu manfaatkanlah hasil perikanan anda, jangan lakukan hal buruk dengan laut anda karena akan berdampak buruk dengan perikanan anda.

loading...
Daftar Komoditas Ekspor Tertinggi Di Sektor Perikanan | author | 4.5