Cara Tepat Budidaya Kenari bagi Pemula

Cara Tepat Budidaya Kenari bagi Pemula – matapencaharian.com. Burung kenari adalah salah satu burung yang diminati oleh banyak orang. Selain suaranya yang merdu dan indah, burung kenari bisa menjadi komoditas perdagangan yang juga menguntungkan. Namun bagi anda yang masih pemula, tentunya anda harus mengetahui beberapa hal penting ketika hendak memelihara burung kenari ini.

cara budidaya kenari

mkicau.blogspot.com

Beberapa hal yang harus anda perhatikan di dalam beternak burung kenari adalah sebagai berikut:

Umur burung kenari

Faktor umur menjadi faktor yang sangat penting untuk anda ketahui, terlebih lagi ketika hendak menganwinkan burung kenari. Biasanya burung kenari sudah siap kawin ketika sudah berumur sekitar 8 bulan untuk burung kenari jantan dan untuk burung kenari betina sekitar berumur 6 bulan. Ketika anda hendak mengawinkan kenari ini, anda harus tahu dengan pasti umur kenari jantan dan juga betina agar bisa menghasilkan anakan yang baik. Sebab bila kenari ini dikawinkan dalam usia yang terlalu muda, maka kualitas anak yang dihasilkan juga menjadi kurang baik.

Kandang burung kenari

Di dalam memelihara burung kenari, sangkar ata kandang juga perlu untuk anda perhatikan. Kandang untuk burung kenari ini akan lebih baik ketika anda tempatkan dengan menempel pada dinding. Mengapa? Agar kandang kenari ini tidak mudah bergoyang yang akan menyebabkan burung kenari anda menjadi stres. Selain itu, anda harus menempatkan sangkar kenari ini di tempat yang agak teduh dan juga jauh dari keramaian agar kenari anda tidak terganggu. Apalagi ketika kenari anda sedang mengerami telur, maka suasana ini sangat penting agar telur kenari anda bisa menetas dengan tepat waktu.

Penjodohan burung kenari

Proses ini memang agak sedikit rumit, sebab tidak semua kenari bisa langsung dijodohkan. Kecuali memang anda memelihara kenari jantan dan betina tersebut sejak kecil, maka akan lebih mudah untuk dijodohkan. Namun ketika anda membeli salah satu kenari di pasar dalam umur dewasa, anda tidak bisa langsung menjodohkannya.

Jika ini terjadi pada anda, maka anda bisa menjodohkan kenari anda dengan cara menempatkan kandang kanri jantan dan kandang kenari betina secara berdekatan. Hal ini untuk melihat apakah kenari anda sudha siap untuk kawin ataukah belum. Tanda-tanda siap kawin bisa anda lihat ketika, kenari jantan berusaha mengejar kenari betina dan menabrak kandang. Sedangkan tanda-tanda kenari betina adalah dengan mengeleparkan sayapnya. Ketika anda sudah melihat tanda-tanda ini, berarti kenari anda sudah siap untuk dikawinkan.

loading...
Cara Tepat Budidaya Kenari bagi Pemula | mata | 4.5