Cara Meningkatkan Produksi Ternak Puyuh

Cara Meningkatkan Produksi Ternak Puyuh – matapencarian.com. Di dalam unsur ternak puyuh, maka penjagaan terhadap penyakit dan juga stres adalah faktor yang sangat penting agar hasil panen puyuh yang dihasilkan bisa lebih optimal. Adanya penyakit yang menyerang burung puyuh anda, bisa mengurangi produksi telur dan juga daging, bahkan sampai 100% yang dapat menyebabkan terjadinya kematian secara masal.

cara meningkatkan produksi puyuh

nadiahsfarm.blogspot.com

Beberapa hal yang menyebabkan puyuh terserang penyakit adalah cuaca yang lembab, suhu yang dingin, serta angin. Selain penyakit, stres juga bisa menjadi pemicu turunnya produktivitas keunggulan ternak puyuh. Sebab ketika burung puyuh terkena stres, maka kesehatannya juga akan tergangggu. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah tindakan pencegahan agar ternak puyuh tidak mudah stres dan terserang penyakit. Usaha preventif yang bisa dilakukan adalah dengan cara menjaga sanitasi dari kandang puyuh serta mengurangi terjadinya resiko stres.

Sanitasi Kandang

Penyakit pada umumnya berada di lingkungan yang kotor. Oleh karena itu, agar ternak puyuh tidak mudah terserang penyakit, maka membersihkan kandang adalah yang mutlak untuk dilakukan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara sanitasi dan juga disinfeksi kandang yang dilakukan secara rutin.

Alas kandang yang terbuat dari sekam atau litter, sebaiknya segera diganti ketika sudah mulai terlihat basah ataupun mulai menimbulkan bau yang tidak sedap. Jangan lupa untuk memberikan celah tempat udara mengalir melewati koloni kandang, yang mana udara ini berfungsi sebagai pengusir dari gas-gas yang ditimbulkan kotoran puyuh.

Selain itu, sisa kotoran ataupun makanan yang ada di dalam kandang harus selalu dibersihkan rutin setiap hari. Masa kosong dari kandang juga perlu untuk dilakukan untuk memutus mata rantai dari bibit penyakit. Kandang yang akan digunakan kembali setelah masa kosong, lebih baik disinfeksi menggunakan disinfektan untuk membunuh bibit penyakit yang ada.

Kurangi Stres

Selain penyakit, hal yang bisa menurunkan produksi telur puyuh anda adalah stres. Umunya stres ini disebabkan karena adanya pergantian cuaca yang cukup ekstrem, misalnya dari musim kemarau ke musim penghujan, atau sebaliknya. Atau bisa juga disebabkan karena kondisi kandang yang terlalu bising. Selain itu, stres juga bisa terjadi akibat pergantian makanan, pergantian air minum yang tercemar, ataupun kandang yang kondisinya tidak layak.

Menempatkan kandang yang jauh dari pemukiman warga adalah salah satu solusi tepat untuk mengurangi kebisingan kandang yang bisa menyebabakan puyuh menjadi stres. Selain itu, pemberian obat anti stres juga cukup membantu untuk mengurangi kadar terjangkitnya panyakit stres pada burung puyuh.

Hal yang terpenting adalah bahwa tindakn pencegahan ini jauh lebih baik dilakukan sejak awal, daripada anda harus melakukan pengobatan yang hasilnya juga belum tentu berjalan dengan lancar. Selain itu, pencegahan membuthkan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan biaya pengobatan. Jadi, lakukanlah pencegahan dengan intensif agar produksi puyuh anda bisa lebih optimal.

Dengan beberapa hal di atas, maka produksi ternak puyuh anda dapat terjaga dan lebih meningkat. Tentu harus diiringi pula dengan strategi pemasaran puyuh yang baik agar rotasi berjalan dengan baik.

Incoming search terms:

ternak puyuh - budidaya telur puyuh - ternak burung puyuh - cara ternak puyuh - cara ternak burung puyuh - peluang usaha ternak puyuh - cara mengatasi kotoran puyuh yang basah - burung puyuh - resiko ternak puyuh - mengatasi kotoran puyuh basah - cara meningkatkan produksi telur puyuh - cara beternak puyuh - cara memperbanyak produksi telur puyuh - obat puyuh stres - cara mengatasi puyuh stres - cara beternak burung puyuh - cara meningkatkan produksi telur pada puyuh - meningkatkan produksi telur puyuh - cara ternak telur puyuh - kendala beternak puyuh petelur -
loading...
Cara Meningkatkan Produksi Ternak Puyuh | mata | 4.5