Cara Menanam Rambutan Agar Berbuah Lebat

Rambutan adalah salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang. Rasa manis yang menempel di lidah membuat orang ingin memakan lagi buah rambutan tersebut. Namun yang sering kali terjadi adalah, tidak semua pohon rambutan bisa berbuah lebat dan melimpah. Padahal memiliki pohon rambutan yang bisa menghasilkan buah yang lebat serta melimpah adalah impian setiap orang yang memiliki pohon rambutan di pekarangan rumahnya. Salah satu yang menjadi penyebab tidak lebatnya buah rambutan adalah cara perawatan dan penanaman yang bisa jadi kurang tepat.

agar rambutan berbuah lebat

Untuk mendapatkan buah rambutan yang bisa berbuah lebat, maka anda harus memeperhatikan beberpa hal baik sebelum penanaman ataupun disaat perawatan pohon rambutan tersebut. Hal perlu anda lakukan sebelum penanamn adalah sebagai berikut:

  • Anda bisa menggali tanah berukuran 60x 60 x 60 cm
  • Berikan jarak tanaman satu dengan yang lainnya sekitar 12 x 12 meter
  • Tambahkan pupuk kandang sekitar dua kaleng
  • Kemuidan selang 1 minggu, galian atas anda kembalikan ke bawah

Kemuidan masalah pemupukan. Setelah jangka waktu 2 bulan, pupuk lebih baik diberikan dengan dosis 200 gram NPK per batangnya. Kemudian memasuki usia 6 bulan, dosisnya 150 gram NPK tiap pohon. Setelah tahun kedua, dosisnya sebesar 450-500 gram NPK setiap tahun, yang diberikan selama dua kali dalam setahun. Setelah memasuki tahun ketiga, anda bisa memupuknya dengan dosis 750 gram NPK tiap tahunnya. Kemuidan, seterusnya setiap hari ditambahkan pupuk sekitar 4-6 kg tiap pohon dengan durasi dua kali dalam setahun.

Sebelum pemberian pupuk, dan dan juga ranting yang kering sebaiknya dipotong dan rumputnya juga disiangi. Untuk hama ulat, bisa disemprot memakai 1 sendok diptelex yang dilarutkan di dalam air sebanyak 10 liter. Sedangkan untuk menangai penyakit cendawan pada bagian bunga dan buah, bisa anda cegah memakai semprotan tepung belerang.

Dengan metode pemeliharaan yang tepat dan juga dosis pupuk yang tepat, maka rabutan anda bisa berbuah dengan lebih lebat dibandingkan dengan pemeliharaan yang tidak teratur atau bahkan sekedar ditanam saja. Dengan begitu, anda pun bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar, ketika anda berniat menjual hasil panen rambutan anda.

Sebenarnya masih ada satu cara lagi untuk membuat rambuatan anda bisa berbuah dengan lebat. Hanya saja cara ini belum dibuktikan secara ilmiah, hanya berdasarkan pengalaman beberapa orang saja. Namun tidak ada salahnya ketika anda hendak mencoba cara yang satu ini pula.

Caranya adalah dengan cara mengumpulkan berbagai macam organik sampah di bawah pohon rambutan anda. Setelah itu, anda bakar sampah itu sehingga asapnya bisa mengenai daun-daun pada pohon rambutan anda. berdasarkan pengalam pernah dilakukan oleh beberapa orang, rambutan mereka bisa berbuah lebih lebat daripada sebelum mereka melakukan hal ini. Anda boleh mempercayainya ataukah tidak, semua tergantung pada anda sendiri.

loading...
Cara Menanam Rambutan Agar Berbuah Lebat | mata | 4.5