Cara Menanam Jambu Biji Agar Cepat Berbuah

Mungkin sudah mengenal dengan salah satu buah ini yaitu jambu biji. Jambu biji merupakan salah satu buah yang hanya bisa hidup didaerah tropis. Banyak macam jenis jambu biji yang ada di Indonesia yaitu jambu biji sukun, jambu biji bangkok, jambu biji merah, jambu biji pasar minggu, jambu biji merah getas, jambu biji apel, jambu biji sari, dan jambu biji palembang. Mungkin selain beberapa dari jambu biji tersebut masih banyak lagi jenis jambu biji yang ada di Indonesia. Maka dari itu, anda bisa memilih jenis jambu biji yang anda sukai untuk anda budidayakan. Untuk membudidayakan jambu biji juga tidaklah terlalu sulit. Sama halnya dengan membudidayakan jambu yang lainnya. Cuma cara merawatnya saja yang sedikit berbeda.

Karena jambu biji ini hanya dapat tumbuh dan berkembang didaerah tropis saja maka jambu ini membutuhkan perawatan yang banyak, agar tidak mudah terjangkit oleh penyakit atau hama. Ada cara agar jambu tidak cepat busuk dan terjangkit penyakit, cara ini harus dilakukan dengan benar dan tepat. Cara yang harus anda lakukan antara lain yaitu :

1. Tanaman jambu harus disiram dengan cairan insektisida sebanyak seminggu dua kali
2. Setiap ada ulat keket maka cara membasminya adalah dengan nogos
3. Ulat daun juga cara membasminya sama dengan ulat keket
4. Jika ada tikus atau semut maka kita perlu membasminya juga yaitu dengan cara menyemprotkan sevin dan furadan
5. Jika penyakit yang disebabkan oleh jamur seperti jamur ceroospora, karat poccinia dan jamur allola psidil maka cara mengendalikannya dengan menyemprotkan fungisida seperti Disene 200 MX. Begitupun untuk jamur karena ganggang dan cendawan, caranya sama dengan jamur ceroospora dan lainnya.

Bagi anda yang menginginkan jambu biji yang berbuah lebat, maka ada beberapa cara untuk menanam jambu biji agar berbuah lebat. Sebenarnya jambu biji dapat berbuah lebat karena cara menannamnya adalah dengan melakukan cangkok. Jambu biji yang dicangkok akan menghasilkan buah yang sangat lebat. Untuk itu disini saya akan memberikan cara mencangkok buah jambi biji agar berbuah lebat. Cara menanam jambu biji dengan cara cangkok yaitu :

a. Buatlah lubang tanam dengan ukiran yaitu sekitar 50 cm x 50 cm dengan kedalaman 50 cm. Kemudian isi lubang dengan pupuk kandang atau kompos sampai 2/3 bagian terisi lalu biarkan lubang tanam selama seminggu

b. Setelah bibit hasil cangkokan menunjukkan tanda-tanda tumbuh yang baik, maka langkah berikutnya adalah mempindahkan bibit dari polybag ke lahan tanam permanen. Bukalah plastik polybag secara perlahan dengan cara merobek menggunakan cutter, usahakan tanah didalam bibit tidak hancur. Lalu masukkan bibit ke lubang tanam yang sudah disediakan dan kemudian tutup kembali dengan tanah. Lalu lakukan penyiraman setelah bibit pohon jambu biji selesai ditanam.

c. Berikan pupuk tambahan secara berkala setiap 2 bulan dengan pupuk kandang. Setelah itu pemangkasan juga bisa dilakukan agar pohon jambu bisa dibentuk sesuai dnegan keinginan

Itu beberapa cara menamam jambu biji agar dapat berbuah lebat. Cara dan langkah ini harus anda perhatikan dengan benar-benar agar usaha anda untuk mendapatkan tanaman jambu biji yang berbuah lebat dapat berhasil. Sebenarnya banyak cara untuk melakukan pennaman terhadap jambu biji, namun jika ingin mendapatkan jambu biji yang berbuah lebat maka cara menanamnya harus dengan cara dicangkok. Karena dengan dicangkok dapat menghasilakan banyak jenis buah jambu biji, selian itu juga dapat menghasilkan jambu biji yang berbuah lebat.

loading...
Cara Menanam Jambu Biji Agar Cepat Berbuah | author | 4.5