Cara Memulai Usaha Budidaya Jamur Tiram

Pada beberapa waktu yang lalu penulis pernah menceritakan tentang prospek usaha jamur tiram. Dan pada artikel usaha kali ini penulis akan mencoba memberikan tips lebih rinci dalam memulai usaha budidaya jamur tiram ini.

Jamur tiram merupakan salah satu jamur yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat, rasa dar jamur ini sangat enak maka tida heran banyak masyarakat yang menjadikan jamur sebagai makanan pendamping nasi. Jamur tiram sendiri mudah untuk ditemukan di pasaran, karena jenis jamur yang satu ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Budidaya jamur tiram dapat dilakukan sebagai langkah dalam memulai usaha sendiri, berikut ini penulis berikan beberapa tahapan dalam memulai usaha jamur tiram.

usaha jamur tiram untung besar

Pemilihan lokasi untuk budidaya jamur tiram

Pemilihan lokasi untuk memulai usaha budidaya jamur tiram ini sangatla penting, karena banyak kegagalan yang terjadi disebabkan karena kebersihan lingkungan. Budidaya jamur, khususnya untuk jamur tiram sendiri sangat rentan terhadap kelembapan yang tinggi. Perhatikan agar lokasi usaha atau tempat pembudidayaan tidak dekat kandang ternak, tempat pembuangan sampah, atau tempat lainnya yang berpotensi untuk mendatangkan hama penyakit. Pilihlah tempat yang bersih dan strategis untuk memudahkan pengangkutan saat panen.

Rumah atau kumbung untuk jamur tiram

Bentuk maupun bangunan kumbung untuk jamur tiram dapat disesuaikan dengan kondisi lahan, untuk kapasitas baglok dengan banyak 500 – 1500 diperlukan rumah kumbung dengan ukuran 6 x 4 m. Selain itu, kelembapan dan juga kebersihan rumah / kumbung sangatlah penting.

Pembuatan rak baglog

Rak-rak baglog ini dapat terbuat dari bambu atau dapat pula dikombinasikan dengan bambu-kayu.

Persiapan media budidaya

Media untuk budidaya jamur tiram ini sangat banyak,mulai dari substrat kayu, serbuk gergaji, ampas tebu, ataupun sekam. Untuk pembuatan media tanam sendiri dapat ditambahkan berupan nutrisi tepung jagung, dedak halus, air, gips, ataupun kapur (CaCo3). Media tanam tersebut dimasukan dalam kantong plastik hingga penuh, kemudian dimasukan dalm pralon atau bambu dengan diameter 3 cm dan baru diikat dengan kuat. Media jadi dinamakan baglog, Anda juga dapat membeli baglog siap pakai.

Bibit jamur tiram

Bibit untuk memulai usaha budidaya jamur tiram ini dapt diperoleh dengan cara membeli sekaligus dengan baglognya, namun Anda juga dapat memperoleh bibit dengan cara lain. Bibit jamur tiram dapat diperoleh dari pembuatan kultur murni, namun karena pembibitan denga cara ini rawan terkontaminasi maka jenis pembibitan ini kebanyakan dilakuan oleh para peneliti atau petani jamur professional yang telah memahami teknik pengkulturan/isolasi serta untuk pembuatannya sendir dilakukan dalam kota inokulasi.

Faktor lingkungan

Dalam budidaya jamur tiram, lingkungan spesifik sangat dibutuhkan untuk menghasilkan produksi yang optimal. Suhu udara konsudif untuk pertumbuhan jamur tiram ini adalah 23-28 derajat Celsius dengan suhu optimum 25 derajat Celsius. Untuk kadar pH-nya sendiri, pH yang tepat untuk pertumbuhan jamur tiram yang optimal adalah 5 sampai 7. Sedangkan untuk tingkat kelembapan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bibit jamur tiram ini idealnya 90%.

Sarana Pendukung

Peralatan yang dibutuhkan untuk mendukung penanama sampai pascapanen ialah plastik (PE 0.002) yang memiliki ukuran 20 cm x 30 cm, cincin paralon, pembkar Bunsen, alcohol, alat sterilisasi baglog berupa drum / oven / autoclave, thermometer, sprinkle bernozle halus, barometer, fungisida (jika mengunakan plastik pengemas), dan vacuum sealer.

Memulai usaha budidaya jamur tiram memang tidak mudah, namun tentunya jika dilaksanakan dengan ulet dan kerja keras tentu dapat menghasilkan sebuah usaha yang sukses termasuk salah satunya memulai usaha jamur tiram ini. Tahapan produksi jamur tiram memang sedikit merepotkan, namun setelah mendapatkan hasil seperti yang diinginkan proses tersebut bukanlah hal yang merepotkan lagi.

Sumber bacaan: Memulai Binsnis Budidaya Jamur

loading...
Cara Memulai Usaha Budidaya Jamur Tiram | mata | 4.5