Cara Memperoleh Modal Usaha

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai suatu usaha seperti jenis usaha, bentuk usaha, tenaga kerja, permintaan pasar, kompetisi, dan lain sebagainya. Dan salah satu hal yang tak kalah penting, perlu dipikirkan adalah ketersediaan modal usaha, baik dalam bentuk uang, barang maupun pengetahuan, keberanian, pengalaman, serta jaringan atau networking. Namun, kebanyakan calon pelaku usaha dalam memulai suatu bisnis biasanya mengeluhkan sulitnya mendapatkan modal usaha berupa uang.

aa

Berikut ini beberapa cara memperoleh modal usaha bagi seseorang yang hendak memulai suatu usaha dalam memperoleh modal usaha:

1. Menggunakan uang sendiri. Anda bisa menggunakan uang sendiri sebagai modal memulai suatu usaha. Anda bisa menggunakan uang tabungan di bank untuk memulai suatu usaha. Jika masih kurang, anda bisa menjual aset berharga yang anda miliki seperti tanah, kendaraan, emas dan lain lain. Modal usaha yang digunakan untuk usaha disebut juga investasi.

2. Mencari dana hibah. Sejumlah perusahaan swasta dan perusahaan pemerintah memiliki budget atau anggaran tersendiri untuk membantu membangun perekonomian masyarakat di sekitar perusahaan atau masyarakat luas dengan menyalurkan modal usaha melalui program CSR (Corporate Social Responsibility).

3. Menjalin kemitraan atau kerjasama

Jika anda memiliki teman atau saudara yang berminat dalam usaha yang sama, tidak salahnya anda bekerjasama dengan mereka. Mereka bisa saja hanya diminta bantuan menyediakan modal atau uang ataupun ikut dilibatkan dalam operasional usaha sehari hari. Bentuk kerjasama atau kemitraan itu harus dibuat perjanjian tertulis sejelas jelasnya mengenai pembagian hasil usaha, hak dan kewajiban, dan lain lain agar salah satu pihak tidak ada yang merasa dirugikan dan tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

4. Mencari investor. Cara ini hampir sama seperti diatas. Bedanya, investor ini hanya bertugas menyediakan dana usaha tanpa terlibat sedikitpun dalam operasional usaha sehari hari. Sehingga perlu diadakan perjanjian tertulis mengenai pembagian keuntungan, seperti diatas agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

5. Mengajukan pinjaman ke bank atau koperasi

Cara ini merupakan langkah terakhir yang bisa ditempuh untuk mencari modal usaha. Untuk menyetujui pinjaman modal usaha anda, biasanya bank terlebih dulu ingin mengetahui profil usaha anda dalam bentuk proposal. Oleh sebab itu, sebelum mengajukan pinjaman modal usaha ke perbankan, anda hendaknya mempersiapkan proposal usaha dan kelayakan usaha tersebut. Cara ini harus dijadikan pilihan terakhir karena tenggat waktu pembayaran dan besaran bunga pinjaman bank berkisar 8-10 persen pertahun.

Demikianlah yang bisa penulis sampaikan. Mudah mudahan setelah mengetahui cara cara memperoleh modal usaha ini, anda dapat mengatasi kesulitan memperoleh modal usaha. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Selamat memulai usaha dan mencari modal usaha. Salam sukses

loading...
Cara Memperoleh Modal Usaha | mata | 4.5