Cara Memilih Bibit Kambing Etawa

Usaha kambing etawa sangatlah baik untuk anda lakukan. Namun, sebelum anda melakukan usaha ini. Usahakan anda terlebih dahulu memilih bibi kambing etawa dengan benar. Karena ini akan mempengaruhi hasil dari pertumbuhan dan penghasilan anda.

Kambing etawa merupakan salah satu jenis hewan yang sering dicari oleh banyak orang karena nilai dari kambing ini cenderung lebih tinggi dibanding yang lainnya. Jadi anda harus lebih berhati-hati dalam memilih bibit kambing etawa. Karena sekarang sudah banyak sekali penipuan yang dilakukan oleh kalangan orang untuk mendapatkan keuntungan. Jadi bagi anda yang baru pertama kali melakukan usaha jenis ini. Berhati-hatilah supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

cara memilih bibit kambing etawa yang baik

Bibit Kambing Etawa

Pemilihan bibit kambing etawa yang baik merupakan salah satu kunci sukses menjalankan usaha pembibitan kambing etawa. Bibit yang baik akan menentukan kecepatan pertumbuhan dan perkembangan kambing etawa. Adapun cara memilih bibit kambing etawa yang benar sebagai barikut :

  1. Perhatikan kondisi dari kambing tersebut
  2. Periksa terlebih daluhu sebelum anda membelinya supaya tidak terjadi kerugian dibelakang.
  3. Pastikan kambing dalam keadaan sehat tidak memiliki kekurangan apapun.
  4. Memiliki semangat makan yang tinggi
  5. Selalu aktif bergerak
  6. Kepala selalu tegak kedepan
  7. Mata bercahaya
  8. Bulunya mengkilap dan terbebas dari penyakit.

Ciri- ciri bibit kambing etawa yang baik sebagai berikut :

  1. Memiliki sifat keibuan
  2. Memiliki kelenjar susu yang normal
  3. Mata cerah bersinar
  4. Bulu atau rambutnya mengkilap
  5. Selalu aktif
  6. Nafsu makan tinggi
  7. Bentuk kaki lurus, normal dan kuat
  8. Keadaan gigi rahang bawah atas lengkap
  9. Kesuburan ternak dalam keadaan baik
  10. Dapat berproduksi sampai pada umur 5-6 tahun

Itulah beberapa cara dan ciri untuk memilih bibit kambing etawa yang benar. Jadi perhatikanlah untuk memilih bibit yang baik dan benar. Jangan sampai anda lalai untuk memperhatikannya, karena ini akan membuat anda mengalami kerugian yang amat besar.

Namun, anda tak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak penjual yang jujur untuk menawarkan bibit yang baik untuk anda kembangkan dalam usaha bisnis anda. Jika anda bisa menjalankan usaha ini maka banyak sekali penghasilan yang bisa anda dapatkan.

Perawatan Bibit Kambing Etawa

Beberapa perawatan yang perlu anda lakukan dalam usaha kambing etawa yaitu :

Pemberian Pakan

Pemberian pakan ini sangat penting dilakukan agar kambing dapat tumbuh dengan sehat dan baik. Jika anda sering menunda memberikan makan, maka kondisi yang terjadi pada kambing tersebut akan memburuk. Dan ini akan menyebabkan kambing mengalami kekurangan gizi. Dan akibatnya nilai dari kambing akan menurun. Maka jangan lupa nada memperhatikan pakannya supaya kambing bisa tumbuh dengan baik. Dan bernilai tinggi.

Perawatan Kandang

Perawatan kandang ini juga penting untuk anda lakukan, karena ini bisa mempengaruhi kondisi dan keadaan kambing anda. Jika kandang kambing anda kotor dan bahkan jarang sekali untuk dibersihan ini akan menyebabkan kambing anda mudah terserang penyakit. Dan ini akan membuat kondisi dari kambing anda akan buruk. Maka jangan lupa anda perhatikan kebersihan dari kandang kambing anda, minimal anda membersihkannya 2 kali dalam sehari.

Periksakan Kondisi Kambing

Selain perawatan kandang anda juga jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan kambing anda kepada mantri hewan didekat anda. Ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan apakah hewan anda memiliki penyakit yang serius atau tidak. Selain itu pemeriksaan ini dilakukan agar hewan anda terhindar dari berbagai penyakit. Supaya nantinya hewan anda dapat bernilai tinggi dipasaran.

 

Itulah beberapa cara perawatan kambing etawa yang perlu anda perhatikan agar hewan anda tumbuh dengan sehat. Itu tidak terlalu sulit jika anda lakukan. Perawatan kambing lebih mudah dibanding yang lainnya. Jadi jangan ragu untuk melakukan usaha kambing etawa.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih untuk perhatiannya. Sukses untuk kalian semuanya.

Incoming search terms:

bibit kambing etawa -
loading...
Cara Memilih Bibit Kambing Etawa | mata | 4.5