Cara Membuat Pondokan Jamur Tiram untuk Usaha

Dalam membuat pondokan jamur tiram untuk usaha kita harus tahu terlebih dahulu tempat yang sesuai untuk jamur tiram. Karena tidak sembarangan tempat dapat kita jadikan sebagai tempat budidaya jamur tiram, karena ada kalsifikasi khusus untuk jamur tiram. Mungkin suhu ruangannya, kelembaban ruangannya sampai kebersihan ruangan yang harus selalu dijaga. Karena jika tempat yang akan kita jadikan budidaya jamur tiram kotor maka akan membuat jamur tiram susah berkembang dan akan mengalami pembusukan, oleh karena itu kebersihan itu sangat penting dalam budidaya jamur tiram. Sehingga anda harus tahu jenis tempat yang dapat dijadikan budidaya jamur tiram.

pondokan jamur tiram yang baik

Pondokan atau tempat yang sesuai untuk dijadikan tempat budidaya jamur tiram yaitu :

  1. Suhu ruangan yang tepat

Untuk melakukan usaha budidaya jamur tiram hal yang harus anda ketahui sebelum membuat pondokan untuk jamur tiram adalah suhu ruangannya. Suhu ruangan yang cocok untuk budidaya jamur tiram adalah 20-60 C. Kita harus pastikan ruangan yang akan kita jadikan budidaya jamur tiram sekitar itu. Karena jika tidak maka jamur tiram tidak akan berkembang dengan baik.

  1. Kelembaban ruangan yang tepat

Kelembaban ruangan yang sesuai untuk jamur tiram yaitu sekitar 80%-90% selama masa perawatan jamur tiram. kelembaban ini dapat dilakukan dengan penyiraman sebanyak 2-3 kali sehari. Selain itu anda juga harus mengatur kadar kelembaban oksigen, karena biasanya pada siang hari kelembaban akan berkurang.

  1. Kebersihan ruangan

Dalam membuat pondokan atau tempat untuk jamur tiram untuk usaha. pastikan terlebih dahulu tempat yang akan kita jadikan tempat tersebut harus bersih dan bebas dari kotoran. Jika tempat tersebut kotor maka akan mengganggu pertumbuhan jamur tiram. Maka jamur tiram tidak akan tumbuh dengan baik, bahkan jamur tiram akan mengalami pembusukan jika tempat tersebut tidak segera dibersihkan.

Itu beberapa pondokan atau tempat yang sesuai untuk tunbuh jamur tiram. selain beberapa pondokan atau tempat yang sesuai seperti yang diatas, hal yang harus anda perhatikan seanjutnya adalah pencahayaan dalam ruangan jamur tiram. Cahaya yang terdapat pada ruangan jamur tiram ini sangatlah berguna untuk pertumbuhan jamur tiram. pencahayaan yang terjadi pada ruangan tersebut akan membantu dalam proses perkembangan jamur tiram. oleh karena itu perhatikan juga pencahayaan dalam ruangan jamur tiram anda. Selain pencahayaan, dalam melakukan budidaya jamur tiram, jangan lupa anda memberikan nutrisi bagi jamur anda. Karena nutrisi yang diberikan akan mempercepat pertumbuhan pada jamur tiram.

Inti dari artikel cara pembuatan pondokan usaha jamur tiram tersebut adalah, tempat yang sesuai untuk jamur tiram adalah tempat yang memiliki suhu dan juga kelembaban yang sesuai selain itu anda juga harus memperhatikan kebersihan dalam ruangan yang akan dijadikan tempat untuk budidaya jamur tiram anda. Jika anda sudah memperhatikan hal-hal yang diperlukan untuk tempat jamur tiram maka anda sudah dapat melakukan usaha budidaya jamur tiram. Jika hasil panen jamur tiram anda bagus dan juga menarik, maka akan banyak konsumen yang akan membeli jamur tiram anda. Karena selain mingkin kualitas jamur tiram anda bagus jamur tiram juga banyak manfaatnya, yaitu cocok untuk ibu yang sedang hamil karena memberikan nutrisi pada janin, dapat mencegah penyakit kanker dan juga tumor. Maka dari itu jamur tiram banyak dicari oleh beberapa konsumen yang suka dengan jamur tiram, karena banyak manfaat dan juga kegunaan yang terdapat pada jamur tiram.

loading...
Cara Membuat Pondokan Jamur Tiram untuk Usaha | mata | 4.5