Cara Membuat Pakan Lele Alternatif dari Ampas tahu

Keuntungan yang semaksimal mungkin adalah suatu bonus yang akan kita dapatkan jka usaha kita juga telah maksimal. Mengandalkan seluruh potensi dalam setiap usdaha adalah hal wajib bagi mereka yang ingin sukses. Tak terkecuali pada usaha budidaya lele. Banyak alternatif pakan lele yang bisa kita buat sendiri untuk memaksimalkan keuntungan yang kita dapat. karena dengan membuat sendiri pakan lele maka kita akan mengurangi biaya pembelian pelet yang harganya cukup mahal.

cara membuat pakan lele alternatif

Bukan hanya masalah biaya namun banyak keuntungan yang akan kita dapatkan ketika kita membuat sendiri apkan lele ini dari ampas tahu. Salah satunya adalah agar lele dapat berkembang seperti di habitat aslinya yaitu memakan makanan yang berasal dari bahan organik sehingga ikan lele akan tumbuh dengan baik. Disamping itu pembuatan pakan lele alternatif dari ampas tahu ini juga menjadi jalan keluar untuk permasalahan limbah tahu itu sendiri.

Olehkarenanya tidak ada salahnya bukan untuk membuat sendiri pakan lele alternatif dari ampas tahu ini. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat pakan lele alternatif dari ampas tahu.

Bahan-bahan yang diperlukan

  1. Ampas Tahu ±5 Kg
  2. Dedak Halus ±5 Kg
  3. Tepung Ikan ±1 Kg
  4. Tetes Tebu/Molase 1 liter
  5. Probiotik 200 ml
  6. Ragi Tempe ±2 sdm

Cammpurkan seluruh bahan dan aduk rata. Selanjutnya masukkan ke dalam tempat penyimpanan (drum/ember). Tutup tempat penyimpanan dengan memberikan lubang udara menggunakan selang yang ujungnya di tutup dengan plastik atau bekas air mineral dan jangan terlalu rapat untuk memungkinkan keluar masuknya udara. Simpan secara 5 hari untuk melakukan fermentasi.

Setelah 5 hari, pakan lele alternatif dari ampas tahu ini sudah bsa diberikan kepada lele dengan beberapa ketentuan berikut:

  1. Bisa diberikan langsung ke Lele dengan cara dikepalkan sehingga lele bisa mengkonsumsi secara langsung
  2. Disarankan diberikan ke Lele yang umurnya diatas 1 bulan dari penebaran ukuran benih 5-7, sebelumnya bisa diberikan dari hasil fermentasi dan pakan alami pupuk kandang
  3. Pemberiannya jangan bersamaan dengan pemberian pellet ikan
  4. Prosentase pemberian 5% dari Biomas Ikan (1,5 – 2 kali jumlah pemberian pakan Pellet).
  5. Frekuensi pemberian pakan lele organik dari ampas tahu ini bisa 2 – 3 kali sehari diberikan pada pagi/siang hari

Bagaimana tertarik menggunakan pakan lele alternatif ini? Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

cara membuat pakan lele dari ampas tahu - pakan lele dari ampas tahu - ampas tahu untuk pakan lele - cara membuat pakan lele dari ampas tahu dan dedak - ampas tahu pakan lele - pakan lele ampas tahu - fermentasi ampas tahu untuk pakan lele - membuat pakan lele dari ampas tahu - Cara fermentasi ampas tahu untuk pakan lele - cara membuat pakan lele dengan ampas tahu - Cara buat pakan lele dari ampas tahu - cara membuat pakan ikan lele dari ampas tahu - pakan lele organik dari ampas tahu - Fermentasi pakan lele - pakan alternatif lele dari ampas tahu - Pakan alternatif lele - buat pakan lele dari ampas tahu - pakan lele fermentasi - pakan lele fermentasi ampas tahu - cara buat pakan lele -
loading...
Cara Membuat Pakan Lele Alternatif dari Ampas tahu | mata | 4.5