Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi – matapencaharian.com. Di dalam usaha budidaya ternak kambing, maka untuk menunjang sebuah kesuksesan diperlukan berbagai macam faktor pendukung. Salah satunya adalah faktor pakan, dimana pakan ini memiliki kedudukan yang sangat penting untuk membuat ternak kambing anda lebih berisi dan lebih sehat, sehingga ketika anda hendak menjualnya harganya bisa jauh lebih tinggi.

cara membuat pakan kambing fermentasi

kaskus.co.id

Terkadang hal yang membuat malas para peternak adalah ketika mereka harus mencari makan kambing setiap hari. Ini bukanlah pekerjaan yang mudah dan menyenangkan, bahkan bisa jadi pekerjaan yang sangat membosankan dan melelahkan, apalagi ketika musim hujan tiba. Namun anda tak perlu khawatir, sebab dengan adanya teknologi fermentasi, anda bisa menghasilkan pakan fermentasi dengan lebih mudah, tahan lama, serta memiliki kandungan gizi yang jauh lebih banyak.

Salah satu jenis pakan yang bisa anda buat menjadi pakan fermentasi kambing adalah jerami atau pohon pisang (debog). Untuk membuat pakan fermnetasi dari bahan-bahan ini juga terbilang cukup sederhana yang sanagt mudah. Tetapi, hasil yang diperoleh sangat maksimal karena sudah terbukti pakan fermentasi ini bisa menambah berat kambing sekitar 2-4 kg dalam kurun waktu selama 10 hari.

Kelebihan Pakan Fermentasi

Pakan fermentasi yang akan anda buat dari bahan jerami atau pohon pisang ini, ternyata memiliki kelebihan yang bisa anda manfaatkan kembali untuk membuat difersikasi dari usaha ternak kambing yang sedang anda jalankan. Kelebihannya antara lain:

  • Berat lebih cepat naik, dan kambingnya juga lebih sehat
  • Daging yang dihasilkan akan mengandung kolesterol yang lebih sedikit atau rendah kolesterol
  • Hasil kotorannya tidaklah berbau, sehingga tidak mencemari udara
  • Kotoran serta urinenya bisa dibuat untuk pupuk kandang serta biogas alami.

Cara Membuat Pakan kambing Fermentasi

  1. Pohon pisang atau jerami dicacah-cacah hingga kecil. Kebutuhan air untuk mmebuat pakan fermenteasi berbahan debog adalah 1 liter, sedangkan untuk jerami adalah 10 liter.
  2. Bahan utama pohon pisang / jerami dicampurkan dengan katul dan ampas tahu.
  3. Kemuidan masukkan larutan isi gula pasir serta parutan 1 buah nanas, aduklah dengan merata dan diamkan sekitar 15 menit. Setelah itu anda bisa menambahkan air kurang lebih 10 liter, siram hingga rata ke dalam campuran pakan tersebut. Kemudian tambah garam dan aduk lagi hingga rata.
  4. Anda bisa memasukkan pakan olahan tersebut ke dalam drum, lalau ditutup rapat agar kedap udara selama 1 hari untuk bahan jerami, sedangkan untuk pohon pisang cukup dengan waktu 1-3 jam saja.
  5. Anda bisa memberikan pakan fermentasi tersebut ketika pai dan juga sore hari.

Itulah beberapa langkah cara membuat pakan kambing fermentasi yang bisa anda gunakan untuk memperbanyak kambing anda yang mana nantinya akan berimbas kepada keuangan anda juga.

loading...
Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi | mata | 4.5