Cara Membuat Pakan Alternatif Ayam Kampung

Di dalam aktifitas budidaya ternak, kendala yang seringkali membuat para peternak sedikit stres adalah tingginya harga pakan, yang menyebabkan keuntungan yang diperoleh para peternak makin sedikit. Di dalam budidaya peternakan, biaya untuk pakan bisa mencapai sekitar 60% dari biaya produksi. Ini adlaah sebuah biaya yang tidak sedikit. Sehingga ketika para peternak ingin memperoleh kuntungan yang lebih optimal, maka perlu untuk memikirkan pakan alternatif yang bisa memberikan efek positif sehingga bisa menekan biaya produksi.

cara membuat pakan ayam kampung alternatif

Pakan ayam kampung alternatif yang bisa digunakan sebagai pengganti pelet untuk tetap mendapatkan nutrisi yang tepat bagi ayam kampung, bisa didapatkan dari beebrapa jenis pakan alami berikut ini:

Talas. Biasanya para peternak menggunakan umbi atau daunnya saja. Namun bisa juga menggunakan kombinasi keduanya, yaitu umbi dan juga daun atau tangkainya.

Catu atau beras dolog. Jika di lingkungan sekitar anda tidak ada yang menjual beras dolog, anda bisa menggunakan beras yang memiliki harga paling murah, atau bissa juga menggunakan beras aking.

Dedak. Penggunaan dedak ini tidak bermasalah mau menggunakan dedak yang berkualitas bagus ataukah dedak yang berkualitas sedang.

Tepung tulang. Penggunaan tepung ini tidak wajib, namun jika ada, anda bisa menambahkannya sebagai tambahan nutrisi.

Berikut ini adalah Cara Membuat Pakan Alternatif Ayam Kampung:

Untuk mengolah berbagai macam bahan tersebut agar bisa menjadi pakan alternatif yang efektif, maka anda harus mencincang talas tersebut menjadi bagian-bagian yang kecil sekitar ukuran setengah centimeter. Setelah anda bisa menanak semua bahan tersebut, layaknya ketika anda menanak nasi. Untuk perbandingan dari ukuran bahannya adalah, untuk ukuran pakan sebanyak 2 kg maka anda bisa menggunakan umbi atau daun talas sebanyak 1 kg, beras ½ kg, dan dedak ½ kg. Untuk tepung tulang cukup tambahkan satu sendok makan saja. Setelah itu anda bisa mengaduknya hingga rata kemuidan menanaknya.

Dengan pakan alternatif ini, hasilnya akan jauh lebih baik dibandingkan dengan hanya mengandalkan pakan produksi pabrik saja. Dengan pakan alternatif ini, anda bisa menghemat biaya produksi sekitar 50%, sehingga anda bisa mengoptimalkan keuntungan yang akan anda dapatkan.

Kelemaha pakan alternatif ini di awal adalah proses adaptasi. Masa awal, mungkin ayam kampung anda tidak mau makan pakan ini, tapi dengan pemberian setiap hari, anda bisa segera membuat ayam kampung tersebut beradaptasi dengan pakan alternatif ini.

loading...
Cara Membuat Pakan Alternatif Ayam Kampung | mata | 4.5