Cara Membuat Bibit Pepaya yang Baik

Buah pepaya adalah buah yang sudah sangat familiar sekali di telingan kita. Kita pun juga tahu bahwa ada banyak sekali jenis pepaya yang dikembangkan di Indonesia, seperti pepaya hawaii, pepaya bangkok, pepaya jingga, hingga pepaya calina yang merupakan pepaya asal california. Harga untuk setiap bibinya juga terbilang murah, yaitu Rp 5.000 per batang, yang memiliki tinggi sekitar 25 cm. Jika anda ingin biaya yang lebih murah lagi, maka anda bisa membelinya dari tokopertanian, namun memang harganya lebih mahal.

budidaya pepaya

Tentunya ketika anda sedang menjalani usaha budidaya pepaya ini, pastinya anda ingin mendapatkan hasil yang optimal. Namun menuju ke sana adalah bukan sebuah hal yang mudah. Anda butuh sebuah pengorbanan dan juga pengalaman yang lebih banyak lagi. Untuk itu, anda harus mengetahui cara membuat bibit pepaya yang baik di dalam membuat sebuah bibit untuk budidaya pepaya.

Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam budidaya pepaya adalah sebagai berikut:

Yang pertama adalah anda harus memiliki sebuah pepaya yang bagus yang bagus, yang tidak terlalu matang, dan juga berasal dari pohon yang sudah memiliki umur 1 tahun. Cara yang paling mudah adalah dengan membungkusnya sejak masih menjadi bakal buah dengan harapan bisa terjadi penyerbukan mandiri.

Anda harus memotong buah pepaya tersebut dalam keadaan melintang, dan sisakan untuk bagian pangkalnya. Setelah itu anda belah bagian ujungnya dan ambillah bijinya.

Dalam memilih biji, lebih baik pilihlah biji yang memiliki warna hitam. Sedangkan yang berwarna coklat bisa anda sisihkan.

Kemuidan cuci biji tersebut memakai air, hingga selaput yang membungkus daging hingga bersih. Setelah itu bisa anda keringkan atau dijemur.

Setekah itu, anda bisa memasukkannya ke dalam air hangat kuku atau sekitar 40-50 derajat celsius sekitar 15 menit. Buanglah biji yang mengapung, tiriskan, kemuidan rendamlah dengan Atonik.

Kemudian anda bisa membungkusnya memakai kertas koran, dan semprotlah seaktu-waktu agar tak terjadi kekeriangan.

Dalam selang waktu sekitar 10-20 hari, biji pepaya tersebut sudah bisa anda pindah ke polybag, yang mana setiap polybag harus mengandung unsur yang diperlukan seperti tanah humus, pupuk kandang dan juga pupuk kompos agar tanaman bubidaya pepaya anda bisa sukses. Benih yang berkualitas sudah siap untuk anda tanam dengan ketinggian sekitar 20-25 cm.

Ketika anda bisa memenuhi segala macam kriteria yang dibutuhkan untuk mendapatkan pepaya yang berkualitas, maka anda juga bisa mendapatkannya dengan koordinat area yang lebih tepat.

loading...
Cara Membuat Bibit Pepaya yang Baik | mata | 4.5