Cara Memberikan Pakan pada Lele

Cara Memberikan Pakan pada Lele – matapencaharian.com. Dalam sebuah usaha budidaya, faktor pakan adalah faktor yang penting karena pakan sangat berperan dalam pertumbuhan. Termasuk dalam pemberian pakan lele. Jangan dikira karena pembudidayaan lele terbilang mudah, bukan berarti anda bisa seenaknya memberi pakan pada ternak lele anda. Ketika anda ingin memperolah hasil yang masksimal, maka nada harus tepat kapan memberikan pakan dan jenis pakan apa yang sesuai untuk lele tersebut.

cara memberi pakan lele

Dengan memberikan pakan lele yang asal dan tanpa aturan, akan membuat hasil ternak lele anda menjadi kurang maksimal, walalupun lele yang anda kembangkan adalah lele jenis super sakalipun. Oleh karena itu anda wajib untuk mengetahui cara memberi pakan lele yang tepat dengan aturan yang tepat pula. Ada bebrapa jenis pakan yang bisa anda gunakan sesuai dengan kondisi dan umur lele agar hasilnya masksimal.

Pelet

Pelet adalah makanan yang paling banyak dijual di pasaran. Pelet merupakan pakan buatan yang diproduksi dengan penambahan komposisi dari berbagai macam tepung, bungkil kedelai, dedak, mineral, dan lain sebagainya. Makanan ini adalah makanan yang lazim diberikan untuk lele anda. Di pasaran, ada dua jenis pelet yang harus anda ketahui, yaitu pelet apung dan pelet tenggelam. Kedua pelet ini memiliki fungsi yang berbeda. Walaupun kedua pelet ini sangat disukai lele, namun anda harus tahu kapan harus memberi pakan pelet apung dan kapan harus memberi makan pelet tenggelam. Pelet apung lebih baik digunakan untuk makanan keseharian lele, karena proteinnya lebih besar, sehingga pertumbuhan lele akan menjadi lebih cepat. Namun ketika menjelang masa panen, maka pelet apung adalah makanan yang tepat.

Karena pelet ini adalah makanan buatan, anda harus memeprhatikan ketika menaburkannya ke dalam kolam.  Ketika lele sudah merasa kenyang, maka hentikan pemberian pelet,karena sisa pelet bisa mengahsilkan amoniak yang bisa meracuni lele anda. Dan untuk pemebrian pekan lele, lebih baik frekuensinya adalah 4x dalam sehari, yaitu pada jam 09.00; 13.00; 17.00; dan 21.00, dan usahakan untuk konsisiten. Jangan terlalu pagi karena insang lele bisa mengalami radang.

Pakan Tambahan

Biasanya pakan ini diberikan ketika 10 hari menjelang masa panen, sehingga konsumsi pelet bisa dikurangi. Namun pemberian pakan tambahan ini tidak selalu diberikan oleh pembudidaya, karena terkadang untuk mencari pakan tambahan ini terbilang cukup sulit. Dan juga harus benar-benar menjaga kebersihan dari pakan tambahan tersebut, karena bisa jadi pakan tambahan ini membuat lele anda menjadi keracunan. Pakan tambahan yang biasanya digunakan  adalah ikan buncah, ayam tiren, dan sebagainya.

Pakan Alami

Pakan ini sangat penting untuk membantu pertumbuhan pada masa awal bibit lele,sebab pakan alami ini sangat tinggi kandungan proteinya, sehingga bisa memepercepat pertumbuhan ikan lela anda. Pakan alami yang biasanya digunakan adalah cacaing sutera dan sangat cocok untuk pakan ketika masa pembenihan, yaitu sekitar 4-13 hari masa bibit lele. Sebeanrnya ada banyak jenis pakan alami yang laon seperti daphnia, artemia, plankton, dan sebagainya. Namun yang laing baik bagi lele adalah cacing sutera.

loading...
Cara Memberikan Pakan pada Lele | mata | 4.5