Cara Melakukan Manajemen Usaha Rental Mobil yang Baik

Sebelum anda memulai membuka usaha rental mobil, anda sebelumnya harus memiliki atau memikirkan perencanaan atau manajemen yang matang dalam membuka usaha rental mobil ini. Manajemen yang matang untuk usaha rental mobil akan meminimalisir berbagai resiko yang kemungkinan akan terjadi, biasanya manjemen dalam suatu usaha selalu berhubungan dengan biaya serta operasional usaha rental mobil ini. Jika anda merupakan pengusaha yang baik, tentu manajemen untuk memulai usaha telah anda lakukan sebelum membuka usaha rental mobil dengan untung yang menggiurkan. berikut ada beberapa tip dalam manajemen usaha rental yang baik.

manajemen usaha rental mobil yang baik

Manajemen Usaha Rental yang Baik

 

Manajemen keuangan

Tidak semua pembisnis atau pengusaha memahami mengenai manajeman keuangan ini, apalagi jika pembisnis tersebut terbilang awal. Untuk dapat memanajemen keuangan secara baik dan cermat, anda juga dapat menyewa jasa ahli manajemen keuangan. Menyewa ahli manajemn keuanganjuga perlu anda fikirkan sebelumnya, karena hal in juga akan menambah biaya pengeluaran usaha rental mobil anda. Jika anda benar-benar tidak memahami mengenai masalah pengelolaan keuangan, baru anda dapat menyewa jasa ahli manajemen keuangan ini. namun sebaiknya, jika anda bisa mempelajari manajeman keuangan secara mandiri, sebaiknya anda pelajari dulu hal ini sebelum membuka usaha rental mobil. Karena menyewa jasa ahli atau professional membutuhkan biaya yang tidak sedikit, oleh karenanya sebainya anda memikirkan hal ini berulang-ulang

 

Lakukan perbandingan

Maksud dari perbandingan disini ialah anda dapat melakukan perbandngan harga sewa rental mobil anda dengan harga sewa rental mobil lain, apakah lebih mahal atau lebih muah. Hal ini penting dilakukan demi keberlangsungan usaha rental mobil anda, biaya sewa yang terlalu mahal akan mengakibatkan anda kehilangan konsumen. Begitupun sebaliknya, jika harga sewa yang anda tawarkan lebih murah dibanding harga sewa ditempat lain, meskipun sangat disukai konsumen, namun hal ini juga akan mematikan usaha rental mobil anda. sebaiknya anda mematok harga setelah melalui beberapa perhitungan, perhitungan ini bisa anda dapatkan melalui survey lokasi yang dilakukan sebelum membuka usaha. Selain itu meneliti kondisi pasar serta para pesaing dapat meningkatkan kualitas usaha rental mobil anda.

 

Miliki asuransi

Asuransi memiliki fungsi sebagai pelindung bagi segala resiko yang akan ditimbulkan, tentu asuransi ini sangat berguna. Tidak selamanya bisnis selalu ada pada keadaa tenang, apalagi usaha rental mobil yang memiliki resiko besar seperti pencurian, kerusakan, dan lai sebagainya. Dengan adanya asuransi ini, segala kemungkinan resiko tersebut di atas tentu dapat teratasi. Meskipun anda harus membayar premi secara bulanan, dengan asuransi ini tentu anda akan mendapatkan atau proteksi keuangan usaha rental mobil anda.

Konsistensi

Menjadi pengusaha yang baik ialah memiliki konsistensi dalam usahanya. Ketika anda memiliki satu konsistensi terhadap konsumen sebagai keutamaan, maka wujudkan konsistensi tersebut dalam segala hal baik itu strategi maupun misi anda (terlebih lagi dalam praktek). Sesuaikan segala perencanaan bisnis tersebut sesuai konsistensi dan perkembangan pasar serta kebutuhan konsumen, hal ini akan membuat usaha rental mobil tetap bertahan dan memiliki umur yang panjang

Rekrut SDM / orang yang tepat

Jika anda merupakan orang yang ahli dalam otomotif, namun memiliki kekurangan dalam hal manajemen, tentu anda harus merekrut orang lain yang memiliki kemampuan dalam manajemen. Merekrut orang yang tepat tentu akan menambah profesionalisme dalam usaha rental mobil anda.

Jangan memiliki fikiran hanya asal tahu

Meskipun anda merupakan orang yang expert dalam bidang usaha, namun anda juga tidak boleh lupa bahwa dalam usaha rental mobil anda memerlukan tenaga operasional, pemasaran serta tenaga administrasi. Dengan terpenuhinya hal tersebut, usaha bisnis anda akan terhindar dari penutupan karena lupa bahwa ternyata usaha rental mobil bukan sekedar jasa sewa menyewa. Usaha rental mobil juga memerlukan sistem penyediaan supply mobil, asuransi, dan juga sistem financial (pajak dan pembayaran lainnya.

Silahkan baca Tips Buka Usaha Rental Mobil

Sumber bacaan:

  • http://www.bkrentcar.com/articles/pentingnya-mengelola-keuangan-bisnis-sewa-mobil/
  • http://rentalmobilkorporasi.blogspot.com/2013/07/manajemen-bisnis-rental-mobil.html

 

 

loading...
Cara Melakukan Manajemen Usaha Rental Mobil yang Baik | mata | 4.5