Cara Melakukan Budidaya Jambu Tambulapot

Usaha budidaya tambulapok adalah salah satu jenis budidaya yang dilakukan dalam pot. Jadi jika anda ingin melakukan budidaya tanaman tambulapok maka sama saja anda ingin melakukan budidaya tanaman didalam pot. Untuk melakukan budidaya ini banyak cara yang harus anda lakukan. Namun sebelum anda memperhatikan cara melakukan budidaya tanaman tambulapok maka lebih baik anda menentukan terlebih dahulu jenis tanaman yang cocok untuk budidaya tambulapok. Tanaman yang mungkin cocok untuk dibudidayakan jenis ini adalah tanaman jambu. Anda bisa memilih jenis jambu yang anda sukai. Ada jambu biji, jambi air, jambu monyet dan berbagai jenis tanaman jambu lainnya.

Untuk melakukan budidaya tanaman jambu tambulapok ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dari cara melakukan budidayanya. Karena cara ini berbeda dengan melakukan budidaya seperti biasanya. Banyak perawatan dan cara yang harus anda perhatikan dengan benar-benar untuk itu perhatikan cara melakukan budidaya jambu tambulapok yang akan saya jelaskan. Cara melakukan budidaya jambu tambulapok adalah :

1. Siapkan pot dan bibit tanaman jambu biji. Pastikan jika bibit berasal dari okulasi yang sudah berusia 5 sampai 6 bulan dengan pertumbuhan yang Anda dapat melihat pertumbuhan satu cabang tunas yang mempunyai tinggi minimal 40 cm dan sehat. Piihlah batang yang lurus dengan delapan pasang daun serta akar yang kuat.
2. Siapkan atau drum bekas yang akan digunakan. Jangan lupa untuk memasukkan pecahan genting di dalam pot kemudian memasukkan media tanam dan buatlah lubang tanamnya.
3. Keluarkan bibit dari pot atau polybag dengan cara membuka plastik yang melekat pada media tanam. Lakukan pelepasan dengan hati-hati agar bola tanah tidak rusak ataupun pecah.
4. Masukkan bibit tanaman tersebut pada lubang tanam.
5. Tambahkan media tanam pada bagian atau ruang yang masih kosong dalam pot dan padatkan hingga pangkal batang.
6. Lakukan penyiraman secukupnya dengan air bersih sampai media tanam menjadi basah.
7. Letakkan tanaman di tempat yang teduh sekitar 1 sampai 2 minggu.
8. Selanjutnya, letakkan tanaman ke tempat yang terkena langsung oleh sinar matahari.
Itu beberapa cara dalam melakukan budidaya tanaman jambu dalam tambulapok. Setelah kita sudah tahu dab paham bagaimana cara melakukan budidaya tanaman jambu tambulapok. Maka kita juga perlu tahu bagaimana cara merawatnya. Perawatan ini sangat penting dalam budidaya, jika tidak ada perawatan maka tentu tanaman tidak akan bertahan lama dan akan mengalami kerusakan. Untuk itu anda juga harus memperhatikan cara merawatnya dengan baik. cara merawat tanaman jambu tambulapok adalah :

1. Penyiraman
Memberikan air pada tanaman bertujuan untuk menjaga tingkat kelembapan pada media tanam. Pada dua minggu di awal, lakukan penyiraman sebanyak satu kali (sore) dalam sehari. Setelah itu, penyiraman bisa ditambah menjadi dua kali sehari, yakni pagi dan sore hari. Pada musim penghujan pun, juga masih tetap melakukan penyiraman karena tanaman ini sangat peka jika kekurangan air. Terlebih saat musim penghujan, maka Anda bisa menambahkan jumlah atau volume air untuk penyiraman.
2. Pemupukan
Kesuburan tanah haruslah dijaga dengan memberikan pemupukan yang baik dan benar. Berikut ini adalah aturan dalam pemberian pupuk pada tanaman jambu biji yang ditanam di pot:
Keterangan Pemupukan di awal penanaman Pemupukan menjelang berbunga
Umur Setelah 1 bulan penanaman 1 bulan menjelang berbunga, sekitar 3 bulan
Jenis dan jumlah pupuk Pupuk NPK Mutiara 25 : 7 : 7 berkosentrasi 10 g/ liter air NPK Mutiara 16 : 16: 16 berkonsentrasi 10 g/ liter air
Frekuensi 3 bulan sekali 3 bulan sekali
Aplikasi Pupuk disiram ke tanaman dengan volume 1 sampai 3 liter atau sesuai dengan ukuran tanaman.
3. Pemangkasan
4. Pemangkasan produksi
Pemangkasan ini dilakukan pada semua cabang secara periodik (tiga minggu sekali). Tujuan pemangkasan ini adalah untuk merangsang tunas baru keluar dan membawa bakal bunga. Lakukan pemangkasan ini secara kontinu sepanjang tahun

loading...
Cara Melakukan Budidaya Jambu Tambulapot | author | 4.5