Cara Agar Susu Kedelai Tak Mudah Basi

Cara Agar Susu Kedelai Tak Mudah Basi – matapencaharian.com. Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh para pengusaha di bidang makanan atau minuman adalah basi. Makanan atau minuman yang tidak bisa bertahan lama membuat para pelaku usaha ini berpikir ekstra agar produknya bisa segera habis sehingga tidak meninggalkan sisa yang bisa menyebabkan basi, yang tentunya akan menjadi sebuah kerugian bila hal itu terjadi.

susu kedelai tidak mudah basi

Salah satunya adalah usaha produksi susu kedelai. Pruduk ini termasuk ke dalam produk yang tidak tahan lama, sehingga susu kedelai yang anda buat akan segera mengalami basi dan juga menggumpal sehingga tidak bisa untuk anda jual kembali. Apabila anda ingin membuat susu kedelai itu lebih tahan lama dan tidak mudah basi, ada beberapa cara agar susu kedelai tidak mudah basi yang bisa anda lakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Segera masukkan kulkas

Ini adalah cara agar susu kedelai tak mudah basi yang laing mudah yang bisa anda lakukan untuk menghindari susu kedelai agar tidak lekas basi. Setelah anda selesai memasak susu kedelai, maka anda harus segera memasukkannya ke dalam kulkas atau pendingin. Jika anda hendak memasarkan susu kedelai ini, hendaknya juga diletakkan dalam wadah pendingin pula atau wadah yang diberi es batu.

  1. Bungkus rapat

Ketika anda sudah selesai memproduksi susu kedelai, maka anda harus segera membungkusnya dengan rapat agar tidak ada bakteri yang masuk yang akan mempercepat proses pembusukan.

  1. Proses cepat

Ketika anda sedang memproduksi susu kedelai, hendaklanya dilakukan dengan cepat. Jangan terlalu lama menunggu. Misalnya jangan terlalu lama membiarkan susu kedelai tak di masak, atau membiarkan terlalu lama di dalam panci.

  1. Jangan diberi perasa terlebih dahulu

Perasa dan juga pewarna bisa membuat susu kedelai lebih cepat langu. Jadi ketika anda hendak mengkonsumsi dalam jangka panjang, akan lebih baik perasa seperti gula dan sebaginya diberikan ketika hendak dikonsumsi saja.

  1. Diberi pengawet

Ini adalah jalan terakhir yang bisa anda tempuh. Dengan menambahkan bahan pengawet, tentunya susu kedelai ini akan menjadi lebih awet dan tahan lama. Namun anda perlu berhati-hati dalam menggunakan bahan pengawet ini karena bisa menimbulkan karsinogenik. Jadi usahakan untuk menghindari penggunaan bahan pengawet ini.

loading...
Cara Agar Susu Kedelai Tak Mudah Basi | mata | 4.5