Budidaya Undur-Undur? Apa Manfaatnya?

Budidaya Undur-Undur? Apa Manfaatnya? – matapencaharian.com. Anda mungkin sudah tahu dengan hewan undur-undur ini. Hewan yang biasanya membuat sarang di tanah seperti sebuah pusaran untuk menarik mangsanya. Mungkin anda tidak mengira bahwa undur-undur adalh salh satu binanatang yang memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan manusia. Sehingga tak jarang dengan khasiat yang dikandungnya ini, sering membuat undur-undur dipakai sebagai salah satu obat alternatif diabetes, karena kandungan sulfonylurea-nya yang sama dengan zat yang biasa digunakan untuk pembuatan obat diabetes melitus.

peluang usaha undur-undur

Bahkan ada sebagian orang yang menjadikan undur-undur sebagai lahan bisnis dan menjadikan budidaya undur-undur  mata pencaharian tetapnya. Undur-undur yang sudah dikumpulkan bisa dijual kepada agen tertentu yang menjalankan bisnis jual beli undur-undur. Harganya memang tak terlalu mahal, karena 1 ekor undur-undur hanya dihargai Rp 2000 saja. Tetapi, ketika anda bisa membudidayakan undur-undur ini di lokasi yang sudah anda tentukan, maka anda tidak perlu bersusah payah mencarinya lagi.

Untuk membudidayakan undur-undur ini juga tidak terlalu sulit. Biasanya undur-undur mulai dipelaihara sejak fase larva. Untuk pemeliharaannya, anda bisa memakai cetakan agar atau bisa juga gelas aqua untuk pemmeliharaan soliter, yaitu satu cetajan satu undur-undur. Atau anda juga bisa melepaskannya di luar ruangan. Hal yang perlu anda perhatikan adalah hindarkan sarangnya dari sinar matahari langsung atau pun siraman air.

Namun lebih baik ketika anda memeliharanya di luar secara terbuka, karena ketika memaki media terbatas, biasanya hanya bisa mencapai pupa saja dan ketika bisa mencapai imago biasanya sayapnya serta ekornya tak sempurna. Ketika anda memeliharanya di lur ruangan, maka setelah mereka menjadi imago, biasanya akan didapati sarang baru di dekat sarang yang lama, sebab para induk bertelur di sana. Sehingga anda bisa memiliki undur-undur lebih banyak. Namun hal ini tentunya harus didukung dengan kenyamanan dan juga ketersediaan pangan yang ada.

Cara Panen Undur-Undur

  1. Dipancing memakai serangga, misalnya semut merah atau serangga lain yang diikat dengan tali. Setelah serangga itu di gigit, maka undur-undur akan lebih mudah ditangkap.
  2. Ditiup memakai sedotan, sehingga pasir yang ada di sekitar sarang akan beterbangan dan undur-undur akan terlihat sehingga lebih mudah ditangkap.
  3. Diayak dengan saringan teh, jadi pasir yang sudah anda sendok tadi dituangkan ke saringan teh, sehingga anda bisa mengayaknya dan melihat undur-undurnya.
  4. Didorong pakai lidi. Cara ini yang biasanya digunakan para pemburu. Caranya cukup mudah. Anda tinggal memasukkan lidi ke tengah pusaran, sehingga undur-undur tersebut akan bergerak mundur. Setelah melihat arah geraknya, dorong dari belakang, sehingga ia akan keluar dari sarang.

Incoming search terms:

budidaya undur undur - ternak undur undur - cara ternak undur undur - cara beternak undur undur - cara budidaya undur undur - budi daya undur undur - ternak undur2 - undur2 - cara ternak undur2 - budidaya undur-undur - cara berternak undur undur - cara memelihara undur undur - cara budidaya undur-undur - bisnis undur2 - bisnis undur undur - ternak undur - beternak undur undur - Budidaya undur2 - ternak undur-undur - budidaya undurundur -
loading...
Budidaya Undur-Undur? Apa Manfaatnya? | mata | 4.5