Bisnis Tomat Cherry Peluang Usaha Menjanjikan

Bisnis Tomat Cherry Peluang Usaha Menjanjikan – matapencaharian.com.┬áSeperti yang kita tahu, bahwa tomat memiliki 2 jenis yang bisa digunakan sebagai sayur dan juga buah. Tomat sayur biasanya rasanya hambar dan tidak bisa dikonsumsi secara langsung. Sedangkan tomat buah memiliki rasa yang manis dan bisa dimakan langsung, salah satunya adalah tomat cherry. Tomat ini rasanya manis dan seperti crispy. Ukuran tomat ini juga hanya sebesar buah Cherry sehingga disebut dengan Tomat Cherry. Ketika matang tomat ini berwarna sangat merah seperti buah romat pada umumnya, sehingga sering juga disebut Red Tomat Cherry dan yang matang dengan warna kuning dikenal dengan nama Golden Tomat Cherry.

bisnis tomat cherry

agroindustriindonesia.blogspot.com

Dan ternyata peluang usaha tomat cherry ini masih terbuka sangat lebar, sebab masih belum banyak yang membudidayakan timat cherry ini. Padahal permintaan pasar terhadap tomat cherry ini sudah banyak, bahkan anda bisa berpeluang untuk masuk ke supermarket dengan membudidayakan tomat cherry ini.

Sebelum anda memulai usaha budidaya tomat cherry ini, maka anda harus memahami seluk beluk tomat ini agar anda tidak salah langkah dalam membudidayakannya. Bebapa hal yang perlu anda ketahui antara lain:

Penyemaian

Biji dari tomat cherry ini dijadikan bibit dulu sekitar satu bulan. Untuk penyemaian bisa menggunakan tray, yaitu wadah yang berbentuk kotak dengan sekat plastik yang di dalamnya berisi media tanam rock wool yang mirip dengan sabut kelapa. Dalam waktu 1 bulan dan tanaman memiliki tinggi 15 cm, bisa segera dipindah ke dalam green house dan ditanam dengan media polybag berukuran 30-35 cm dan medianya memakai arang sekam.

Pemeliharaan

Usahakan agar susana green house tetep streril agar tidak terserang penyakit. Pengecekan terhadapa serangga juga perlu secara rutin, dan juga pembuangan daun yang sudah tua agar area sekitar tanaman teteap bersih. Untuk pemupukan dilakukan bersamaan ketika penyiraman memakai alat drip irigation atau irigasi tetes. Jadi pupuk dilarutkan dalam air kemudian disemprotkan ke tanaman tomat cherry. Lebih baik dilakukan 2x sehari. Namun jika hari sedang panas, bisa 3x sehari.

Panen

Dalam usia 2-3 bulan, tomat cherry sudah bisa dipanen. Tomat cherry ini bisa dipanen setiap 2 hari sekali selama sekitar 5-6 bulan. Jadi produktivitas total dari tomat cherry ini adalah sekitar 10 bulan. Lumayan kan? Anda bisa membayangkan keuntungan berlipat yang akan anda dapatkan ketika anda berhasil membudidayakan tomat cherry ini. Ketika anda memanen tomat cherry ini, tak perlu anda cuci, cukup dilap saja agar tidak cepat busuk. Kemuidan anda bisa segera mengepaknya. Suhu penyimpanan yang bagus adalah sekitar 5-10 derajat celsius dan bisa bertahan antara 1-2 minggu.

Pemasaran

Untuk pemasaran, anda bisa bekerjsama dengan pabrik besar sebagai suplier, yang biasanya memasok berbagai toko modern seperti Hypermart, Hero, dan sebagainya. Atau anda juga bisa memsarakannya ke bebrapa restoran yang ada di wilayah anda, atau bisa juga ke pelaku bisnis catering.

loading...
Bisnis Tomat Cherry Peluang Usaha Menjanjikan | mata | 4.5