Bisnis Pertanian, Kenapa Tidak?

Bisnis Pertanian, Kenapa Tidak? – matapencaharian.com.┬áKetika anda mendengar sebuah perkataan terkait bisnis pertanian, apa yang anda bayangkan? Apakah sebuah sawah yang besar dengan kegagalan panen? Atau petani yang semakin hari semakin miskin? Jika hanya itu yang ada di dalam pikiran anda, sepertinya anda harus berikir ulang kembali. Seandainya anda mau mencermati dengan teliti, sebenarnya bisnis pertanian ini sangatlah potensial. Ditambah lagi dengan cita-cita swasembada pangan yang merupakan harapan setiap orang. Dan itu semua akan terjadi ketika sector pertanian ini bisa berkembang dimana pada dasarnya mata pencaharian utama di Indonesia adalah dari sektor pertanian.

bisnis agrowisata

Di era modern seperti ini, ketika anda berpikir bahwa bisnis pertanian hanya terkait dengan hasil panen saja, maka tentun saja itu akan menjadi sebuah kendala ketika anda mengalami gagal panen. Namun dengan era yang modern ini, anda bisa memlihat bisnis pertanian sebagai sebuah bisnis yang tidak hanya bergantung pada hasil panen saja. Namun masih ada banyak peluang yang bisa anda jadikan bisnis, bahkan ketika anda baru hendak melakukan pembibitan.

Beberapa bisnis pertanian yang mungkin tidak terbersit di dalam pikiran anda, dan bisa menjadi peluang yang luar biasa diantaranya adalah:

  1. Agro Wisata

Peluang ini sepertinya sudah mulai dilirik sebagian orang. Kawasan pertanian yang masih sangat asri nan indah adalah sebuah daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Orang-orang yang tinggal di kota dengan segala kesibukannya, akan merindukan suasana desa yang masih sejuk. Sehingga ini bisa menjadi peluang bisnis pertanian yang menggiurkan, dengan menawarkan panorama keindahan hamparan ladang yang indah dan sejuk.

  1. Wisata Edukasi Pertanian

Dengan wisata ini, anda bisa mendapatkan keuntungan tanpa harus menunggu hasil panen. Misalnya ketika memiliki budidaya padi, maka anda bisa menjadikannya tempat wisata edukasi bagi setiap orang yang ingin mengetahui proses penanaman padi mulai dari pembibitan hingga panen. Dan jangan salah, di luar sana banyak sekali instansi pendidikan yang memerlukan tempat wisata seperti ini untuk media pembelajaran bagi para siswanya.

  1. Wisata Kuliner

Ketika anda memiliki sebuah ladang atau hamparan pemandangan yang indah, maka anda bisa sekaligus membangun sebuah restoran kecil, yanga menyediakan berbagai macam olahan yang diambil dari hamparan ladang yang anda miliki tersebut. Sehingga ketika para wisatwan selesai berjalan-jalan dan menikmati udara sejuk pertanian, maka mereka akan merasa lapar. Dan saat itulah anda menyediakan tempat makan yang menyatu dengan alam dengan berbagai masakan khas yang ingin mereka cicipi.

Itulah beberap alternatif yang bisa anda pilih, ketika anda hendak terjun ke dalam dunia usaha pertanian mencari mata pencaharian di sektor pertanian yang saat ini sedang banyak dicari oleh banyak orang.

loading...
Bisnis Pertanian, Kenapa Tidak? | mata | 4.5