Bisnis Kerajinan Bambu Yang Cukup Menjanjikan

Negara Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan kekayaan alam termasuk tumbuh tumbuhan dan pepohonan yang bermacam ragam jenisnya. Jika potensi alam tersebut digarap dengan serius, minimal dalam skala usaha kecil, maka akan bisa menghasilkan pendapatan yang lumayan besar. Contoh kekayaan alam yang dimiliki oleh negara Indonesia adalah bambu. Pohon ini tumbuh subur di daerah daerah di nusantara. Hampir di setiap daerah di tanah air dapat dengan mudah sekali ditemui pohon bambu. Bambu termasuk kekayaan alam Indonesia yang sering dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk berbagai keperluan baik dimanfaatkan secara tradisional maupun moderen. Salah satunya digunakan sebagai bahan baku furniture.

Furniture bambu

Furniture yang terbuat dari bahan baku bambu, sejak jaman dahulu hingga sekarang ini, masih diterima secara baik oleh masyarakat Indonesia. Bahkan masyarakat internasional menganggap furniture dari bambu memiliki kualitas yang lebih baik, bernilai ekonomis tinggi dan ramah lingkungan. Hal ini menunjukkan eksistensi furniture bambu diterima oleh setiap orang sampai sekarang ini. Oleh karenanya, usaha furniture bambu merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk dilaksanakan saat ini.

Contohnya adalah mas Subiantoro yang menekuni usaha kerajinan berbahan baku bambu. Usaha bisnis kerajianan bambu skala kecil ini telah dirintis sejak lama oleh pamannya. Mas Subiantoro hanya meneruskan usaha kerajinan bambu. Karena terlahir dilingkungan sentra kerajinan bambu, membuat mas Subiantoro tidak mengalami kesulitan meneruskan usaha pamannya tersebut yang diberi nama Tekun Jaya Muda. Produk yang dihasilkannya beragam,seperti rumah bambu, gazebo bambu, dipan bambu, meubel bambu, kerajinan bambu dan lain sebagainya. Untuk kerajinan bambu, ia dapatkan dari pengrajin lain. Ia hanya membantu memasarkan produk tersebut.

Adapun kapasitas produksi dalam satu bulan mampu menyelesaikan 24 set meubel bambu. Satu set meubel bambu terdiri dari satu meja dan dua buah kursi. Jadi dalam sebulan, usaha kecilnya menghabiskan bambu dan rotan serta vernis dalam jumlah banyak. Sementara itu, untuk bahan baku bambu, ia dapatkan di kota Yogya dan kota-kota sekitarnya. Sedangkan rotan dan plitur, ia dapatkan dari pedagang yang mendatangkannya dari Kalimantan.

Untuk membuat furniture dari bambu, langkah pertama adalah menentukan model dan ukurannya. Selanjutnya , mencuci bahan baku bambu sampai bersih. Lalu keringkan. Jika cuaca panas, cukup dikeringkan selama satu minggu. Kemudian potong bambu sesuai model dan ukuran yang telah ditentukan. Potongan-potongan meubel itu dirakit menjadi sebuah kerangka meubel dengan cara diikat atau dipaku. Tiap sambungan potongan meubel itu dililit atau dibalut rotan agar tampak indah dan sedap dipandang orang. Setelah terbentuk kerangka meubel, langkah selanjutnya membuat dudukan dan sandaran. Langkah terakhir adalah finishing yakni diampelas kemudian di vernish. Usahakan furniture bambu yang dihasilkan adalah produk yang lebih halus, lebih rapi dan lebih kokoh.

Incoming search terms:

usaha kerajinan bambu - bisnis kerajinan bambu - jelaskan mengapa menyambung bambu dan rotan umumnya dililit dan diikat - mengapa menyambung bambu dan rotan umumnya dililit atau diikat - peluang usaha kerajinan bambu - usaha dari bambu - mengapa menyambung bambu dan rotan umumnya dililit dan diikat - Jelaskan mengapa menyambung bambu dan rotan umumnya dililit atau diikat - usaha yang terbuat dari bambu - peluang bisnis kerajinan bambu - cara membuat kerajinan dari bambu yang mudah dibuat - kerajinan bambu - ukuran untuk membuat kursi bambu - usaha kerajinan dari bambu - peluang bisnis dari bambu - modal usaha ketajinan bambu - mengapa menyambung bambu dan rotan umumnya dililit dan diikat? - foto meja dan kursi yang terbuat dari bambu - kerajinan dari bahan alam - cara membuat kerajinan dari bambu yang mudah -
loading...
Bisnis Kerajinan Bambu Yang Cukup Menjanjikan | author | 4.5