6 Kiat Mendapatkan Modal Usaha

Pada saat hendak membuka suatu usaha, perlu dipikirkan mengenai skala usaha, ide usaha, permintaan pasar, kompetisi, tenaga kerja, dan yang paling urgen untuk dipikirkan adalah tersedianya modal usaha yang diperlukan secara rinci, berapa jumlahnya, dan didapatkan darimana.

aaaa

Para calon pelaku usaha yang akan memulai usaha dari nol tidak bisa meminjam modal usaha ke bank. Karena bank mensyaratkan usaha yang anda miliki telah berjalan enam bulan atau lebih. Adapun jika usaha anda baru mulai dari nol, kebanyakan bank tidak mempercayai bisnis itu dan mau memberikan modal usaha. Oleh sebab itu, paling banter meminjam uang atas nama pribadi sehingga disebut pinjaman pribadi yang bunganya lebih tinggi ketimbang bunga pinjaman usaha.

Berikut ini sumber dana yang bisa dijadikan modal usaha untuk memulai suatu bisnis :

  1. Dana atau tabungan sendiri
  2. Bantuan modal usaha secara hibah dari perusahaan swasta dan pemerintah dalam bentuk program CSR
  3. Kerjasama dengan pihak lain yang kelak dinamakan rekan usaha (partner)
  4. Investor
  5. Mengajukan pinjaman modal usaha ke perbankan (bank). Sebelum pengajuan pinjaman disetujui pihak bank, biasanya mereka ingin mengetahui terlebih dahulu profil usaha anda dalam bentuk proposal dan meminta penjelasan anda mengenai kelayakan usaha. Jika disetujui pinjaman modal usaha, bunga pinjaman yang dikenakan berkisar antara 8% – 15% pertahun. Jika gagal mendapatkan modal usaha atas bisnis anda, maka anda bisa mengajukan pinjaman pribadi ke bank yang pasti bunganya lebih tinggi
  6. Mengajukan Pinjaman modal usaha ke koperasi simpan pinjam. Bank memberikan persyaratan yang sangat ketat untuk dapat mencairkan pinjaman modal usaha. Karena itu, ada alternatif lain yang lebih longgar yakni meminjam modal usaha ke koperasi. Sama seperti perbankan, koperasi juga akan meninjau secara seksama profil usaha, beserta kelayakan usaha dan perencanaan bisnis. Bunga pinjaman dari koperasi biasanya lebih tinggi dari pinjaman modal usaha ke bank.

Catatan : Dalam mendapatkan sumber dana dari pihak ketiga seperti investor, mitra kerja, bank dan koperasi perlu dipersiapkan proposal usaha yang menjelaskan atau berisi seputar kelayakan usaha, potensi keuntungan usaha secara makro dan mikro, serta dampak positif bagi sosial masyarakat setempat, dan lain sebagainya.

Demikianlah enam sumber dana yang dapat dijadikan modal awal dalam memulai suatu bisnis. So, setelah mengetahui sejumlah cara mendapatkan modal usaha di atas, diharapkan para pembaca dapat mengatasi kesulitan mendapatkan modal yang selama ini kerap terjadi, merupakan masalah klasik. Selain itu, diharapkan para pembaca dapat memulai suatu usaha dengan mengandalkan sumber dana yang ada. Itulah yang bisa penulis sampaikan. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda. Selamat berwirausaha!! Semoga sukses!

Incoming search terms:

investor modal usaha swasta - proposal bantuan dana koperasi simpan pinjam - bank yang mau meminjamkan untuk modal awal usaha - cara mendapatkan bantuan dana awal koprasi - Cara mendapatkan dana csr melalui proposal pribadi - CARA MENDAPATKAN DANA CSR UNTUK MODAL USAHA KOPRASI - cara mengajukan dana csr kepada perusahaan swasta - cara pengajuan untuk kerjasama modal awal usaha pertanian kebank - cara perusahaan mendapatkan modal awal - cara/memperoleh/modal usaha melalui pihak ketiga - cara meminjam modal awal ke koperasi atau bank - cara dapat modal bergulir dari PEMDA - cara agar koperasi tidak mengandalkan dana pihak ketiga - berikan penjelasan strategi koprasi simpan pinjam dalam mencari modal usaha - berapa bunga bank jika koperasi pinjam modal - berakah bunga koperasi yang di anjurkan pemerintah - bantuan modal awal koperasi - bantuan dana pihak ketiga koperasi - syarat koprasi untuk mendapat bantuan - apakah dengan meminjam uang dapat mendapatkan modal dalam koperasi -
loading...
6 Kiat Mendapatkan Modal Usaha | author | 4.5